Tuesday 2 August 2016

TUTORIAL DASAR dalam BEATBOX


Cara mudah belajar beatbox : 

 Sebelum temen-temen mau belajar Beatbox ada beberapa hal yang harus temen-temen hindarin, yaitu :
  • Jangan malu menyembunyikan beat kalian di manapun kalian berada, mau itu di toilet,depan teman atau dimana pun...Tapi bagi yang muslim nih,jangan pas sholat yah guys.
  • Jangan pernah berhenti berlatih disaat kalian mulai kehabisan cara untuk belajar sound baru,nih misalnya kalian udah bisa dasarnya nih kalian dapat ilmu baru,kalian jangan malu dan berhentim seperti yang diawal tadi,kalian terus coba dan lakukan yah guys.
  • Jangan pernah memanfaatkan Beatbox sebagai hal-hal yang negative seperti menjadi sombong dan aja cari jodoh,misalnya kalian udah bisa Beatbox nih guys,kalian jangan sombong dan kalian ajarkan tuh teman-teman kalian agar mereka bisa beatbox juga.
  • Jangan pernah merasa emosi saat kalian belajar dan temen-temen kalian ngeledekin/ngejelekin kalian guys,jangan malu guys.

Nah....itu adalah cara supaya kalian bisa Dasar Beatbox guys....

Okey ngak usah lama-lama yah guys,saya akan beritahu kalian tutorialnya

        Beatbox itu sebenarnya mengikuti suara drum,yaitu :
B itu Kick bass yang ada di drum
T itu Hi-hat yang ada di drum
K itu Snare yang ada di drum

Dari 3 suara dasar tersebut kalian udah bisa bikin banyak banget beat-beat keren dan unik guys, cara melakukannya adalah :

  1. Untuk suara Kick Drum itu kalian hanya perlu membunyikan vocal B,Caranya saat kalian bilang vocal b tersebut itu kalian teken bibir kalian rapat-rapat dan kalian bilang BE atau BU pokoknya kalian cari feel yang enak sampe kedengeran suara Bass dari B kalian, Kalian coba ulang-ulang berkali-kali dan kalian latih terus menerus, soalnya kalo masih awal suaranya itu masih belum jadi atau masih belum kedengaran bassnya, jadi harus sabar dan banyak latihan yah guys....
  2. Untuk Hi-Hat caranya tuh mudah banget dan kalian pasti bisa,kalian hanya bilang Vocal T tapi pas kalian bunyiinnya tuh kayak mau ngomong bahasa inggris,atau kalian tinggal bilang Tis atau Tes.
  3. Snare, jujur guys dih snare ini cukup sulit untuk dipelajarin tapi kalau kalian terus latihan mudah-mudahan kalian bisa guys,dih snare ini kalian hanya bilang vocal K dengan sedikit power guys,atau kalian bisa bilang vocal KHh secara bersamaan,ada 2 cara membunyikan K yaitu di hembus dan hisap,yang lebih bagus di hisap karena suaranya lebih jelas.
Nah,jika kalian udah bisa B T K yaitu Kickbass,Hi Hat dan Snare kalian bisa gabungin menjadi beat-beat yang keren guys

Nih saya punya 3 pattern atau 3 beat dasar buat kalian guys
  1. B T K T B T K T (Bu Ci Ke Ci Bu Ci Ke Ci)2X dengan tempo yang santai atau slow
  2. B TT B K TT BB TT B K TT BB,Temponya dari mulai slow sampai secepat yang kalian bisa guys
  3. B T K T BB T K T B TK T BB T K,Sama seperti diatas dimulai dari slow aja
Nah kalo kalian udah nguasain 3 beat dasar BTK tersebut dan kalian udah lancar buat bunyiin pattern-pattern yang udah saya kasih diatas kalian bisa kembangin pattern kalian sendiri dengan pemikiran kalian sendiri dan kreatifitas kalian sendiri,Oh iyah di pattern-pattern yang udah gua kasih di atas kan ada yang dempet-dempet dan ada yang bercela-cela tuh kata-katanya, maksudnya adalah buat kasih jarak ada jeda dari beat tersebut, jadi kalian juga bisa sekalian belajar Tempo...

Tunggu dulu....di beatbox ini ngak cuma 3 suara drum aja doang lo guys,sound-sound di beatbox itu ngak terbatas guys,so kalian bisa bikin sound efek buatan kalian sendiri tapi saya saranin kalau kalian udah lancar belajar beat diatas buat selanjunya kalian belajar
  • Deepthroat atau suara robot
  • Tecno Alarm
  • Lip Oscillation
yah buat Videonya saya belum sempat buat guys,
thank's karena udah baca

1 comment:

  1. Yah jika kalian ingin Tutorial beatbox lainnya atau sound efec lainnya kalian bisa comment

    ReplyDelete